BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Daftar isi merupakan urutan judul pada
tiap bab beserta halaman yang terdapat pada sebuah buku atau penulisan.fungsinya
daftar isi itu sendiri untuk memudahkan kita mencari judul penulisan secara
cepat tanpa harus mencari satu persatu
Daftar
pustaka yang berisikan tentang
sumber-sumber dari bacaan yang digunakan sebagai bahan acuan untuk menulis
karya ilmiah.dan suatu daftar daftar yang berisikan judul buku,artikel maupun
bahan tulisan yang memliki kaitan dengan karya ilmiah yang dibuat.dan daftar isi yakni lembar
halaman yang menjadi petunjuk pokok isi buku beserta nomor halaman
1.2 Rumusan Masalah
berdasarkan
latar belakang diatas,penulis merumuskan masalah sebagai berikut
1. Cara mebuat
daftar isi?
2. Cara membuat
daftar pustaka di microsoft?
1.3 Tujuan penulisan
Kelompok
kami membuat makalah ini bertujuan agar para pembaca bisa mengetahui lebih
dalam tentang cara membuat daftar isi dan daftar pustaka denagn baik dan benar
,dan dengan makalah ini juga menjadi pengetahuan bagi kita semua.
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1 Cara membuat daftar
isi dan daftar
pustaka
Microsoft
adalah salah cara termudah untuk memberikan contoh buat daftar dan juga daftar pustka.nah untuk anda yang saa tini sedang mencari cara membuat
daftar isi, dan juga cara membuat daftar pustaka, berikut
ini masukuniversitas.com berikan panduannya. Satu hal yang harus anda siapkan tentunya adalah aplikasi office, yang berisi word di
dalamnya.Entahitu office 2003, 2007, 2010, atau yang terbaru office 2016 ini.
Cara membuat daftar isi:
1. Hal pertama
yang harus Anda lakukan adalah membuka aplikasi Microsoft Word pada laptop
atau computer Anda. Setelah aplikasi terbuka, pastikan terdapat menu ruler.Jika computer belum terdapat menu ruler, silahkan aktifkan menu ruler terlebih dahulu yakni dengan klik “view” lalu
centang kotak yang ada di sebelah menu
ruler.
2.
Cara
membuat daftar isi, 1. View
Contohgambar
1. Cara membuatdaftarisi>>CariTulisan View >>Centang Ruler
2. Langkah
berikutnya adalah memberi judul halaman yakni dengan mengetik “Daftar Isi”. Letakkan tulisan tersebut di tengah
halaman.Setelah itu, ketik isi yang akan ditulis dalam daftar isi mislanya “Kata Pengantar”. Jika
Anda telah selesai mengetik, klik salah satu titik di sepanjang area ruler yang
berwarna putih hingga muncul garis L keci ldengan warna hitam.Lakukan hal ini dua kali.
Contohgambar
2. Cara membuatdaftarisi: Muncul ruler >> Isi tulisanDaftar Isi &
Kata pengantar
3.
Setelah muncul tanda yang menyerupai bentuk huruf L, silahkan
klik dua kali pada gambar tersebut sampai muncul tampilan berikut:
Cara
membuat daftar isi, 3
Contohgambar 3. Cara
membuatdaftarisi: Klik 2 kali tanda L (ruler)
4. Langkah
keempat,
aturlah kotak tersebut dengan memilih pilihan “Right” di menu alignment. Padabagian “Leader”, klikangka
2.Sementara untukbagian “tab stop position” dan
“default tab stop” dapat
Anda abaikan saja. Jika semua pengaturan telah selasai dilakukan, silahkan
klik “set”
lalu klik pilihan “ok”.
5. Pastikan
langkah pengaturan di tahap 4 telah Anda lakukan dengan benar. Jika langkah tersebut telah berjalan dengan benar, maka tanda yang mirip
dengan huruf L akan berubah posisi yakni dua tanda menjadi saling memunggungi. Untuk lebih jelasnya, silahkan
lihat gambar di bawah ini.
Contohgambar
4. Cara membuatdaftarisi
6. Langkah ke-6, letakkan kursor pad atulisan “Kata Pengantar” yang telah Anda ketik sebelumnya. Berikutnya, tekan
tombol “Tab”
pada keyboard laptop atau
computer Anda. Setelah Anda menekan tombol itu, tanda titik akan otomatis terketik sepanjang tanda L yang pertama. Berikut
ini contoh gambarnya.
Contohgambar
5. Cara membuatdaftarisi: Ketik kata pengantar>>sesuaikantanda L
(posisitanda L di sebelahkanan) >>isititik di kata pengantar>>tekan
tab keyboard >>isiangka>> enter
7. Sekarangsaatnyamengaturangka yang
menunjukkanhalamansebuahbabataujudul. Caranya, letakkankursor di
layarkomputerAndapadatand abaca titik yang terakhir.Kemudian tekan lagi tombol “Tab” yang ada di keyboard
sampai kursor akan berada di bawah tanda L yang kedua. Terakhir, Anda hanya tinggal mengetik angka padahal aman berapa “Kata Pengantar” tersebu tada.
Contohgambar
6. Cara membuatdaftarisi: Samadengangambarke 5. >>Tanda L buat L (2)
letakkan di sampingkananberdekatan L (1) >>Lalubuatangka>>klik
enter >>sampaiseterusnya.
8. Ketiklah
isi dari makalah, tugas
akhir,
skripsi, atau karya tulis ilmiah Anda. Contohnya Bab 1, Latar
Belakang Masalah, Bab 2, Pembahasan, dan Penutup .Setelah mengetik,
anda tidak perlu mengulangi langkah-langkah
sebelumnya karena pengaturan tadi akan berlaku untuk semua isi makalah, jadi tidak hanya untuk “Kata Pengantar” saja.
Nah itu
tadi langkah-langkah yang akan mempermudah Anda membuat daftar isi yang rapi. Dan selanjutnya di
bawah ini kami bagikan juga cara membuat daftar pustaka yang benar. Oke langsung saja silahkan simak ulasan lengkapnya di bawah
ini.
3.2
CARA MEMBUAT DAFTAR PUSTAKA DI
MICROSOFT WORD
Daftar pustaka adalah salah satu unsur yang paling penting
dan tidak boleh ditinggalkan dari setiap penulisan karya tulis
ilmiah.keberadaan daftar pustaka dalam karya tulis adalah bentuk pencegahan
terhadap adanya penjiplakan atau plagiarisme.selain itu,daftar pustaka juga
berfungsi untuk memberitahu pembaca tentang sumber atau refrensi dari tulisan
tersebut.
Penulisan daftar pustaka dalam sebuah tulisan atau karya
ilmiah sendiri bukanlah sembarangan,melainkan harus memenuhi beberapa aturan
buku yang telah ditetapkan Aturan-aturan tadi tentu menyulitkan anda dalam
penyusunan daftar pustaka.Nah untuk memudahkan anda yang sedang menyusun daftar
pustaka,berikut ini kami bagikan cara membuat daftar pustaka secara otomatis
dimicrosoft word.
1.Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah klik menu
‘’References’’dan dilanjutkan dengan memilih ‘’Manage Source’’.contohnya adalah
gambar berikut ini.
Contoh
gambar 1. Cara membuat daftar pustaka otomatis
2.
Jika anda telah memilih menu ‘’Manage Source’’,
kini dalam layar komputer anda akan muncul kotak ‘’Source Manage’’.Berikutnya,klik
‘’New’’ lalu pilihlah sumber apa yang anda pakai dalam tulisan anda.misal,
sumber tulisan anda adalah buku maka pilihlah ‘’book’’
Contohgambar 2. Cara membuatdaftarpustakaotomatis
3.Langkah berikutnya adalah memilih
bahasa yang digunakan dalam penulisan daftar pustaka.jika anda akan menggunakan
bahasa indonesia,mak pilihlah ‘’indonesian’’jika menggunakan bahasa
inggris,pilihlah ‘’English’’
Cara
membuat daftar pustaka, 3
Contoh
gambar 3.cara membuat daftar pustaka otomatis
3.Sekarang saatnya anda
mengisikelengkapan sumber yang akan anda tulis di daftar pustaka. untuk kolom
Author,isi dengan nama pengarang atau penulis buku yang anda jadikan
sumber.jika buku tersebut ditulis oleh lebih dari satu orang.maka anda tinggal
klik’’Add’’ untuk memasukkan nam penulis lainnya,begitu seterusnya.
Contoh
gambar 4.car membuat daftar pustaka otomatis
Untuk
kolom ‘’Title’’isilah dengan judul buku,kolom ‘’year’’diisi dengan tahun buku
diterbitkan,kolom ‘’city’’ diisi dengan kota lokasi buku tersebut
diterbitkan,sementara untuk kolom ‘’Publisher’’diisi dengan nama penerbit yang
menerbitkan buku tersebut
3.
Setelah
anda menyelesaikan proses pengisian data,silahkan klik menu ‘’OK’’. Secara
otomatis data tersebut telah tersimpan.
Cara
membuat daftar pustaka \, 5
Contoh
gambar 5.cara membuat daftar pustaka
6.setelah tahap ini selesai,anda dapat menambahkan
sumber-sumber atau referensi lain yang anda gunkan untuk tulisan anda.jumlah
dan jenis referensi tersebut tidak dibatasi sehingga anda dapat menambahkan
sebanyak mungkin.
Jika semua sumber dan referensi telah anda masukkan,silahkan
klik ‘’Close’’ untuk menutup menu ‘’Source Manage’’
7.Langkah terakhir adalah cara menampilkan daftar pustaka
yang telah anda buat tadi caranya adalah dengan klik menu ‘’Refernces’’lalu
klik ‘’Bibliography’’ dan ‘’insert bibliography’’.kini daftar pustaka yang
berisi sumber dan referensi tulisan anda sudah dapat anda lihat.
Cara
membuat daftar pustaka, 7
Contoh
gambar 6.cara membuat daftar pustaka
Jika
anda penasaran dengan hasil akhir dari daftar pustaka ini,berikut ini adalah
tampilan contoh daftar pustaka yang telah dibuat.
Contoh
gambar 6.cara membuat daftar pustaka
BAB
III
KESIMPULAN
Daftar isi merupakan urutan judul pada tiap bab beserta halaman yang
terdapat pada sebuah buku atau penulisan.funsinya daftar isi itu sendiri untuk
memudahkan kita mencari judul penulisan secara cepat tanpa harus mencari satu
persatu.
Daftar pustaka
yang berisikan tentang sumber-sumber dari bacaan yang digunakan sebagai
bahan acuan untuk menulis karya ilmiah.dan suatu daftar daftar yang berisikan
judul buku,artikel maupun bahan tulisan yang memliki kaitan dengan karya ilmiah yang dibuat.dan daftar isi yakni lembar
halaman yang menjadi petunjuk pokok isi buku beserta nomor halaman
DAFTAR
PUSTAKA
Angelo,M,&Caravis.(2015).
Cara Membuat Daftar Pustaka.Yogyakarta:Tiga Serangkai.










Tidak ada komentar:
Posting Komentar